7 Tips Saat Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman 2024 - masbro

7 Tips Saat Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman 2024

Setelah puasa ramadhan usai ada hal yang dinanti - nanti bagi setiap umat mulim yang merayakan lebaran idul fitri yakni dengan melakukan mudik lebaran kehalamannya masing - masing.





Namun ada hal penting untuk diperhatikan sebelum Anda melakukan mudik bersama keluarga, yakni dengan memastikan persiapannya mulai dari melakukan pengecekan kendaraan serta kesehatan agar nyaman dan aman saat berkendara diperjalanan nantinya.

Berikut Merupakan 7 Tips Saat Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman 2024 Untuk Anda Perhatikan:



1. Melakukan Pemeriksaan Kendaraan 


Tips pertama untuk Anda saat mudik lebaran yakni dengan melakukan pemeriksaan kendaraan terlebih dahulu ke bengkel terdekat atau bengkel langganan mulai dari pemeriksaan kondisi rem, ban kendaran, radiator, oli dan mesin.

Apakah kendaran sudah layak atau tidak untuk digunakan berkendara saat mudik lebaran, tentu ini akan meminimalisir hal - hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kecelakaan saat diperjalanan nanti.


2. Mematuhi rambu - rambu lalu lintas 


Ketika Anda berada dalam perjalanan mudik nanti, wajib untuk selalu mematuhi rambu - rambu lalu lintas yang ada. Seperti batas kecepatan kendaraan yang aman, patuhi marka jalan serta hindari berkendara secara ugal - ugalan untuk meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan.


3. Menjaga Fisik 


Selain kondisi kendaraan yang prima, menjaga fisik saat mudik lebaran juga perlu untuk diperhatikan mengingat jarak perjalanan yang ditempuh. Ada tips yang perlu untuk dilakukan agar fisik tetap prima dan terjaga yakni dengan beristirahat, jangan memaksakan untuk berkendara secara berlebihan disarankan dalam kurun waktu 8 jam diperjalan sesegeralah berhenti sejenak untuk mengistirahatkan tubuh Anda , perbanyak minum air putih dan bila perlu tidur minimal 1 - 2 jam.


4. Batasi Kecepatan 


Bagi Anda yang sedang mudik lebaran, sangat diwajibkan untuk membatasi kecepatan saat berkendara sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Batas kecepatan yang dianjurkan adalah:

- Untuk kecepatan paling rendah pada arus bebas atau tol 60 km/jam dan untuk kecepatan paling tinggi pada arus bebas atau tol 100 km/jam.

- Untuk kecepatan paling rendah pada jalur antar kota 50 km/jam dan untuk kecepatan paling tingginya 80 km/jam.


5. Menjaga Jarak Aman saat Berkemudi


Pada saat berkendara sebagai pengemudi Anda wajib untuk menjaga jarak aman dengan pengemudi lainnya, hal ini bertujuan untuk kurangi resiko rem mendadak yang dapat sebabkan tabrakan beruntun. Tips untuk menjaga jarak aman dengan pengemudi lainnya yakni minimal 10 - 50 m dan ini tergantung pada kecepatan jalur yang Anda lewati.


6. Hindari Muatan Berlebih 


Pada saat mudik sangat penting bagi Anda untuk hindari muatan berlebih karena hal ini tentu akan sebabkan resiko kerusakan pada kendaraan. Selain itu muatan berlebih juga akan menganggu kenyamanan Anda dan pengendara lain dalam berkendara serta fungsi pengereman pada mobil yang tidak maksimal.


7. Keamanan Rumah 


Sebelum mudik Anda harus memperhatikan keamanan rumah.Kunci setiap pintu rumah dan lakukan koordinasi dengan petugas setempat. Pastikan juga untuk melihat posisi air, kelistrikan, kompor, dan gas elpiji dalam keadaan tidak menyala.

Baca juga: disini

Itulah beberapa rangkuman 7 tips saat mudik lebaran yang aman dan nyaman 2024.

Semoga bermanfaat.


0 Response to "7 Tips Saat Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel