7 Tips Dokter Ahli Gizi Terkait Diet Bugar dan Sehat 2024 - masbro

7 Tips Dokter Ahli Gizi Terkait Diet Bugar dan Sehat 2024

Bagi Anda yang saat ini sedang memiliki kendala terkait berat badan dan ingin mencapai target body goals tertentu, Ada beberapa tips dokter ahli gizi terkait diet sehat dan bugar 2024.


7-Tips-Dokter-Ahli-Gizi-Terkait-Diet-Bugar-dan-Sehat-2024


Tentu banyak sebagian dari setiap individu masih memiliki sebuah mindset yang apabila ingin memiliki badan ideal selalu konsumsi makanan dengan porsi yang sedikit, menghiraukan jam makan dan menahan lapar bahkan sampai konsumsi obat suplemen diet.

Sebenarnya, itu merupakan cara yang salah kenapa karena dengan mindset dan cara penerapan tersebut tentu akan berdampak pada kesehatan dan kebugaran tubuh yang Anda miliki.

Bagaimana cara agar diet yang sehat dan bugar menurut dokter ahli gizi ?


Penting untuk diperhatikan tips diet sehat dan bugar adalah dengan merubah mindset tentang cara diet itu sendiri.

Dibawah ini merupakan aturan dan tips diet yang disesuaikan berdasarkan ajuran dokter ahli gizi:

- Pola makan yang harus diubah yakni dengan menyertakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan juga hindari jenis makanan olahan.

- Menyertakan sayur, buah dan protein pada menu makanan yang Anda konsumsi.

- Cukupi kebutuhan konsumsi air minimal 1,5 - 2 liter setiap harinya.

- Lakukan pembatasan porsi makanan.


Dari beberapa anjuran diatas, dapat disimpulkan dengan Anda menjaga pola makan yang sesuai anjuran ahli gizi dipastikan tubuh anda akan tetap bugar dan sehat, tanpa harus tersiksa akibat mindset diet yang salah.


Tips diet agar badan tetap bugar dan sehat


Apabila Anda dapat menerapkan tips diet bugar dan sehat yang sesuai dan tidak menyalahi anturan, tentu akan menghasilkan dampak positif bagi tubuh Anda serta terhindarkan dari segala jenis resiko terkena penyakit. 

Lantas, apa tips dokter ahli gizi terkait diet bugar dan sehat 2024? simak ulasannya sebagai berikut.


1. Kurangi Kalori


Pada umumnya jumlah kalori yang Anda miliki dengan setiap individu lainnya tentu sangatlah berbeda, antara pria dan wanita memiliki jumlah kalori yang tidak sama untuk dibakar setiap harinya.
Jumlah kalori pria setiap harinya minimal dibakar sekitar 2.500 sedangkan untuk wanita minimal dibakar sekitar 2.000 perharinya.
Untuk ketahui jumlah kalori secara akurat Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli gizi untuk dilakukan pengukuran berdasarkan body mass index.

2. Membatasi Porsi Makanan


Bagi Anda yang terbiasa konsumsi makanan dengan porsi yang banyak, diwajibkan selama proses diet berlangsung untuk membatasi porsi makanan Anda dengan takaran lebih sedikit dari sebelumnya. Hal ini bertujuan agar proses diet anda dapat berjalan secara efektif dan maksimal.

3. Perhatikan Kandungan Nutrisi pada Makanan dan Minuman


Dengan Anda memperhatikan asupan nutrisi pada makanan dan minuman tentu akan sangat bermanfaat untuk tubuh seperti metabolisme yang baik dan kesehatan yang stabil.
Contohnya lengkapi asupan makanan dengan protein, lemak sehat , serat , kalsium dan karbohidrat untuk selalu menjadi makanan pendamping Anda.

4. Mencukupi Konsumsi air


Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk selalu mencukupi konsumsi air minimal 1,5 - 2 liter perharinya dan hindari minuman yang memiliki kandungan gula berlebih conohnya soft drink dan minuman sachet.
Bebepa dampak yang akan terjadi pada tubuh apabila terlalu banyak konsumsi gula:

- Resiko terkena diabetes
- Tekanan darah akan meningkat
- Obesitas
- Penuaan dini


5. Berolahraga Secara Aktif


Berolahraga bukanlah suatu hal yang mahal, melainkan sebuah kegiatan murah yang menyehatkan dan apabila dilakukan secara rutin tentu akan berdampak pada kebugaran tubuh Anda secara fisik dan psikologi serta hasil yang masikmal selama proses diet berlangsung.

Beberapa fungsi lain dari olahraga bagi kesehatan:

- Peningkatan energi terutama saat anda menjalankan puasa

- Mengurangi stres dan cemas berlebih

- Menjadikan tidur Anda lebih berkualitas

- Membentuk otot dan tulang yang kuat


6. Tidur yang Berkualitas


Tenyata dengan tidur yang berkualitas merupakan serangkaian penting untuk tubuh Anda saat menjalankan diet. Dimana saat kurang tidur tentu akan menjadi penghambat proses diet Anda, sehingga diet yang sedang berjalan akan menjadi sia - sia. Bahkan berdampak buruk pula pada kesehatan Anda yang lainnya seperti penuruan konsentrasi, resiko terserang penyakit jantung dan metabolisme tubuh yang tidak stabil.


7. Perhatikan Konsumsi Suplemen


Mungkin Anda pernah mencoba atau bahkan memiliki rencana untuk konsumsi suplemen. Ini bukanlah tindakan yang salah dan dibolehkan akan tetapi Anda tetap harus tetap memperhatikan efek sampingnya jika dikonsumsi tanpa adanya takaran yang disesuaikan.

Adapun potensi yang akan terjadi serta efek samping dari konsumsi suplemen pada tubuh,yakni sebagai berikut:

- Diare dan infeksi pencernaan

- Ketergantungan

- Meningkatnya tekanan darah dan kinerja jantung

- Sebabkan insomnia

Dari keempat efek samping diatas penting bagi kita untuk selalu perhatikan pada saat konsumsi suplemen agar lebih berhati - hati dan lebih selektif lagi.



Baca juga : Disini



Dengan menerapkan tips-tips ini secara disiplin dan konsisten. Anda dapat mencapai kebugaran dan kesehatan yang diharapkan, mulai dari merubah mindset seputar diet hingga memperhatikan asupan nutrisi yang tepat tanpa harus mengorbankan kesehatan Anda.

0 Response to "7 Tips Dokter Ahli Gizi Terkait Diet Bugar dan Sehat 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel