8 Tips Perawatan Wajah Agar Tampak Bersih dan Sehat 2024 - masbro

8 Tips Perawatan Wajah Agar Tampak Bersih dan Sehat 2024

Saat memiliki wajah bersih dan sehat tentu merupakan sebuah hal yang di idam - idamkan bagi setiap individu, dimana saat Anda memiliki penampilan yang keren namun wajah tampak kurang menarik karena kusam dan tidak bersih. Tentu hal ini akan membuat diri Anda merasa minder dan tidak percaya diri saat berada dikhalayak umum. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan diulas langkah - langkahnya khusus untuk Anda.


8-Tips-Perawatan-Wajah-Agar-Tampak-Bersih-dan-Sehat-2024


Tips Perawatan Wajah yang Perlu untuk Anda perhatikan

Memiliki kulit wajah yang tidak bersih dan kusam adalah hal yang sangat menganggu penampilan. Pasalnya, setiap individu memiliki perbedaan pada pori - pori wajahnya yang beragam mulai dari jenis pori - pori yang besar dan kecil sehingga hal ini akan berdampak pada sebum setiap kulit individu masing - masing.

Cara mengatasinya, tentu harus diperhatikan untuk dilakukannya perawatan secara rutin dan berkala serta kompleks, diantaranya sebagai berikut:


1. Kenalilah Kulit Anda

Tips merawat wajah yang pertama yakni dengan mengenali tipe dan jenis kulit wajah Anda dahulu. Karena ini memiliki tujuan sebagai penentu metode apa yang nantinya digunakan pada saat proses perawatan wajah serta jenis skincare apa yang nantinya lebih tepat untuk digunakan berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Contohnya jenis kulit kering, kulit berminyak, atau kulit sensitif tentunya memiliki cara perawatan tersendiri bagi masing - masing individu.


2. Pemilihan Skincare

Tips merawat wajah yang kedua yakni pemilihan skincare yang disesuaikan dengan kulit yang Anda miliki supaya tidak tejadi sesuatu dan merugikan dikemudian hari.

Contohnya jika Anda memiliki jenis kulit berminyak dan berjawat, Anda dapat melakukan pemilihan skincare yang tidak mengandung comedogenic atau pemilihan skincare yang tidak menyumbat pori - pori.

Di lain sisi, jika Anda memiliki karakter kulit wajah yang kering dan sensitif, sangat disarankan untuk menghidari  pemilihan skincare yang didalamnya terkadung pengharum, bahan pewarna dan alkohol dikarenakan ini sangatlah beresiko untuk sebabkan iritasi pada kulit Anda. Menurut ahli kesehatan kulit direkomendasikan untuk pemilihan skincare  berlabel hypoallergic karena skincare ini memiliki resiko kecil tehadap kulit yang mudah terkena alergi.


3. Gunakan Tabir Surya Di siang Hari

Tips merawat wajah bagian ketiga adalah selalu gunakan tabir surya di siang hari saat anda berkatifitas diluar ruangan, hal ini bertujuan untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena, paparan sinar matahri ini mengandung ultraviolet yang dampaknya sangat buruk bagi kesehatan kulit Anda sekaligus mempercepat penuaan dini serta meningkatkan risiko kanker pada kulit.


4. Bersihkan wajah 

Tips merawat wajah bagian keempat dengan membersihkan wajah secara rutin minimal 2 kali dalam sehari saat pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur. Penting juga untuk selalu diperhatikan, yaitu sesegera mungkin untuk mencuci wajah ketika kulit sedang berkeringat karena hal ini akan menjadi pemicu iritasi. Sebagai penyebab masalah kulit yang jika dibiarkan lama kelamaan akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah.

Adapun beberapa langkah yang dapat anda lakukan sebagai berikut.

- Selalu lakukan pembersihan wajah dengan air yang bersih bila perlu gunakan air minum mineral

- Usapakan produk pencuci wajah / sabun wajah secara melingkar untuk hasil yang maksimal.

- Keringkan wajah Anda yang basah sehabis pembilasan dengan tisu wajah atau handuk khusus yang disediakan. perlu diperhatikan untuk tidak menggosok wajah terlalu keras saat proses pengeringan wajah terutama bagi pemilik wajah dengan jenis kulit yang mudah iritasi.


5. Selalu Gunakan Toner dan Pelembab

Tips merawat wajah selanjutnya yaitu dengan gunakan toner wajah yang fungsi utamanya untuk bersihkan pori - pori kulit diwajah yang kotor akibat aktivitas diluar ruangan. Toner wajah juga memiliki fungsi lain yakni untuk menghidrasi serta mengembalikan pH kulit setelah proses pencucian wajah.

Terdapat 2 jenis toner yang umum untuk digunakan oleh setiap individu

- jenis 1 yaitu exfoliating , toner ini merupakan jenis toner yang dikhususkan untuk individu yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak.

- jenis 2 yaitu hydrating, toner ini menjadi pilihan setiap individu yang rata - rata pemakainya miliki kulit kering.

Apabila proses pengaplikasian toner ini telah selesai dilakukan langkah lanjutannya, Anda dapat lakukan penggunaan pelembab diwajah secara merata. Tentu ini bertujuan untuk memepertahankan kulit agar tetap lembab dan kenyal serta membantu kurangi penuaan dini.


6. Rutin Lakukan Eksfoliasi Wajah

Tips merawat wajah yang keenam yakni rutin lakukan ekfoliasi wajah minimal 1 kali atau maksimal 2 kali perminggunya. Eksfoliasi wajah ini merupakan sebuah proses dimana sisa debu maupun kotoran yang tertempel di permukaan wajah serta sel kulit mati yang masih tertempel dapat terangkat melalui proses ini. Dengan Anda rutin lakukan eksfoliasi wajah tentu akan membuat Anda memiliki tampilan kulit yang bersih dan cerah merona serta terhidar dari jerawat yang selalu menghantui kemanapun Anda melangkah.


7. Menjaga Pola Hidup yang Sehat

Mungkin saat Anda bersikeras melakukan perawatan wajah secara rutin dengan anjuran yang disesuaikan. Baik proses perawatan dari dalam maupun luar namun nyatanya Anda tidak melihat perubahan yang signifikan. Nah, hal ini juga perlu untuk diperhatikan yakni tips merawat wajah yang ketujuh yakni dengan menjaga pola hidup yang sehat. Karena dengan Anda menerapkan pola hidup yang sehat tentu akan membantu anda untuk menghasilkan perawatan kulit yang maksimal serta membuat wajah akan tampak lebih cerah dan bersih.

Perhatikan beberapa penerapan gaya hidup sehat untuk merawat kulit wajah sebagai berikut :

- Tidak merokok.

- Rajin olahraga.

- Minum air putih minimal 1,5 liter/hari.

- Cukupi kebutuhan gizi yang seimbang sesuai anjuran 4 sehat 5 sempurna.

- Tidak konsumsi alkohol yang berlebihan.

- Cukupi kebutuhan isitirahat anda dengan anjuran 8 jam perhari dan hindari begadang.

- Dapat mengola stres yang berlebihan.


8.Rutin Konsultasi dengan Dokter spesialis kulit

Tips merawat kulit yang terakhir adalah rutin konsultasi dengan dokter spesialis kulit atau dermatologi. Dimana hal ini penting untuk Anda lakukan, terutama bagi Anda yang memiliki masalah pada kulit tertentu.

Apabila Anda menemukan permasalahan kulit seperti munculnya benjolan, tedapat bercak hitam atau permasalahan kulit lainnya yang tidak biasa, jangan ragu - ragu untuk sesegera mungkin mengunjungi dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan. Sebab bisa saja hal tersebut menjadi gejala atau tanda awal dari kanker kulit.


Baca juga : disini


Demikian 8 cara perawatan wajah agar tampak bersih dan sehat yang perlu untuk Anda perhatikan. Dengan memiliki wajah yang bersih dan sehat tentu bukanlah suatu hal yang rumit namun perlu perhatian dan perawatan yang kompleks.


Semoga bermanfaat

0 Response to " 8 Tips Perawatan Wajah Agar Tampak Bersih dan Sehat 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel