Cara Menguatkan Punggung Bagian Belakang dengan Latihan yang Tepat - masbro

Cara Menguatkan Punggung Bagian Belakang dengan Latihan yang Tepat

Kadang-kadang kita hampir lupa bahwa kita memiliki otot di bagian punggung. Ketika kita berlatih, kita bisa melihat dan merasakan otot biceps dan perut dengan jelas, tetapi seringkali kita lupa bahwa otot di bagian punggung juga perlu diperhatikan. Mungkin kita pernah merasakan sakit di bagian punggung bawah dan merasa khawatir bahwa kita telah melukai tulang belakang kita. Namun, sebenarnya kita keliru, karena di bagian punggung setiap manusia terdapat banyak sekali otot yang perlu kita rawat dan kembangkan.


Cara-Menguatkan-Punggung-Bagian-Belakang-dengan-Latihan-yang-Tepat


Cara Menguatkan Punggung Bagian Belakang


Punggung merupakan salah satu bagian tubuh yang sering orang abaikan dalam latihan fisik. Namun,untuk dapat perkuat punggung belakang ini tidak hanya dengan menjaga postur tubuh saja , akan tetapi juga bertujuan untuk mencegah terjadinya cedera dan juga untuk meningkatkan performa fisik secara keseluruhan. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa cara berlatiih pada punggung bagian belakang secara efektif untuk mencapai kekuatan dan kestabilan yang diinginkan.




1. Pull-Up






Pull-up merupakan bagian latihan punggung yang terbaik, tentunya untuk dapat melakukan pull-up sebaiknya disarankan untuk selalu gunakan alat bantu yakni pull-up bar yang tersedia dibeberapa tempat gym. Cara berlatih dengan alat ini sangatlah efektif sekali untuk dapat melatih otot yang terdapat pada bagian punggung atas, seperti otot-otot latissimus dorsi dan trapezius. Mulailah dengan lakukan genggaman serta lebarkan bahu anda kemudian angkat tubuh dengan memanfaatkan kekuatan pada punggung bagian belakang sehingga dada akan dekat pull-up bar. turunkan tubuh secara perlahan untuk melakukan repetisi yang lebih secara efektif.



2. Barbel Row







Barbel row merupakan bagian dari latihan yang difokuskan untuk menjaga kekuatan pada bagian otot tengah punggung, terutama rhomboid dan trapezius. Mulailah dengan melatih dengan cara berdiri tegak, lebarkan kaki selebar bahu, dan pegang barbel dengan posisi yang sejajar dengan bahu. Kemudian, tekuklah tubuh kearah depan, jaga punggung untuk tetap lurus, dan angkatlah barbel ke arah dada dengan bantuan punggung bagian belakang. Penting untuk tetap awas dan kontrol gerakan tersebut untuk tidak menggunakan tenaga berlebihan.



3. Superman Pose






Latihan ini tentunya dapat anda lakukan di tempat mana saja tanpa harus gunakan peralatan. Berbaringlah secara telentang dengan bagian tangan dan kaki yang lurus. Angkat bagian tubuh Anda dari bagian lantai dengan meregangkan tangan ke arrah depan dan kaki ke arah belakang sejauh yang dapat Anda jagkau atau lakukan sambil mempertahankan posisi kepala Anda ke posisi yang netral. Dengan lalukan Latihan ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam menguatkan otot pada punggung di bagian belakang serta tingkatkan kekuatan fleksibilitas dan stabilitas bagian inti tubuh.




4. Pull-Down







Latihan pull-down serupa dengan pull-up, namun menggunakan alat pull-down di tempat gym. Latihan ini bertujuan untuk memperkuat otot punggung bagian atas dan tengah. Duduklah dengan posisi kaki terkunci di bawah roller dan pegang handle pull-down lalu genggaman selebar bahu. Tarik handle ke dada Anda sambil menarik bahu ke bawah serta menjaga bagian punggung untuk selalu lurus. Perlahan sambil kembalikan handle di posisi awal untuk melakukan repetisi yang efektif.





5. Deadlift


 






Deadlift merupakan bagian dari latihan angkat beban yang sangat efektif untuk melatih otot pada punggung bagian bawah, paha, dan gluteus. Mulailah dengan berdiri di depan barbel, lebarkan kaki selebar bahu. Tekuk lutut dan pinggul, lalu pegang barbel dengan tangan selebar bahu. Angkat barbel dengan menegakkan tubuh perlahan, pastikan punggung tetap lurus. Ketika menurunkan barbel, pastikan untuk mengendurkan otot punggung bagian belakang.

*Baca juga artikel lainnya disini

Saat program latihan fisik Anda berjalan, sangatlah penting untuk selalu memperhatikan teknik berlatih yang tepat hal ini bertujuan untuk menghindari cedera. Sebelum anda memulai program latihan baru, terutama untuk Anda yang memiliki riwayat cedera atau masalah kesehatan tertentu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli profesional kesehatan atau pelatih fisik . Dengan konsistensi serta kesabaran ekstra, Anda tentunya dapat membangun sebuah kekuatan dan stabilitas punggung bagian belakang secara optimal, yang akan membantu tingkatkan kesehatan dan kinerja fisik Anda secara keseluruhan.

Jangan lupa untuk mengintegrasikan latihan punggung bagian belakang ke dalam aktivitas dan rutinitas latihan Anda secara teratur agar mencapai hasil yang maksimal. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda yang sedang berupaya untuk mencapai tubuh sehat dan bugar!




0 Response to "Cara Menguatkan Punggung Bagian Belakang dengan Latihan yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel