10 Prinsip Dasar Keuangan Pribadi - masbro

10 Prinsip Dasar Keuangan Pribadi

Keuangan pribadi adalah bidang yang mencakup semua aspek tentang pengaturan keuangan individu, termasuk menabung, pengeluaran, dan berinvestasi. Pemahaman mengenai keuangan pribadi dapat memudahkan Anda dalam mencapai kemandirian finansial dan mengurangi stres.


10-Prinsip-Dasar-Keuangan-Pribadi

Apa itu Keuangan Pribadi?

Keuangan pribadi dapat secara luas didefinisikan sebagai istilah keuangan yang sering digunakan untuk merujuk pada pengelolaan uang. hal Ini dapat mencakup investasi, penyimpanan, pengeluaran, dll. Penting untuk Anda dalam mengembangkan kebiasaan untuk mengelola keuangan pribadi yang baik.

Keuangan melibatkan setiap aspek penting dari instrument keuangan yang perlu diperhatikan, seperti perbankan, perencanaan anggaran, asuransi, investasi, hipotek, pajak, dan pensiun. Anda harus membuat keputusan yang bijaksana untuk maksimalkan penghasilan dan tabungan Anda.

5 Area Keuangan Pribadi


Ada lima area penting keuangan pribadi dan perlu untuk Anda perhatikan. Area-area ini adalah:


1. Pendapatan

Ini adalah langkah pertama dan dasar dalam pengelolaan keuangan pribadi, tanpanya area lain tidak akan ada. Sumber pendapatan bergantung pada jenis pekerjaan individu: bisa berupa gaji, keuntungan, upah, pensiun, dan dividen. Bagaimana cara Anda mengelola semua ini dan menentukan seluruh proses pengelolaan keuangan.


2. Pengeluaran

Pengeluaran bergantung pada tanggung jawab dan kebebasan finansial Anda. Tetapi itu harus selalu dilakukan dengan bijaksana agar keseimbangan terjaga. Area-area utama pengeluaran termasuk sewa, pajak, makanan, hiburan atau kegiatan rekreasi, dan pinjaman atau hipotek.


3. Tabungan

Tabungan adalah aspek paling penting . Tabungan merupakan investasi besar yang dilakukan untuk jangka panjang dan juga akan membantu saat dalam keadaan darurat . Tabungan dapat dilakukan dengan berbagai metode, di antaranya menabung uang di bank dan memilih reksa dana berjangka menjadi pilihan yang paling disukai oleh banyak orang pada umumnya.


4. Investasi

Investasi dan tabungan adalah istilah yang dapat dipertukarkan. Tetapi perbedaan utama diantara keduanya adalah risikonya. Sementara tabungan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengembalian yang lebih rendah dengan risiko yang kecil , sedanghkan investasi memberikan Anda pengembalian yang lebih tinggi dan risiko besar.


5. Proteksi

Proteksi keuangan juga merupakan bagian dari tabungan atau investasi Anda. Ini memastikan bahwa Anda dan orang yang bergantung pada Anda dapat melewati masa-masa sulit dan keadaan yang tidak terduga tanpa terlalu banyak kesulitan. Beberapa rencana perlindungan umum termasuk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan hipotek.



10 Prinsip Dasar Keuangan Pribadi

Dengan mengikuti 10 prinsip dasar akan membantu dalam mengelola keuangan pribadi Anda.
 

1. Ketahui Penghasilan Bersih Anda

Sebelum Anda mulai mengeluarkan atau merencanakan investasi, ketahui berapa jumlah pasti yang gaji bersih Anda.

2. Dahulukan untuk Kepentingan Diri Sendiri

Sebelum membayar cek Anda, sisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk situasi-situasi tak terduga dan darurat.

3. Mulai Menabung Sejak Muda

Bunga yang dibayarkan pada tabungan Anda tergantung pada jangka waktu tabungan Anda. Semakin lama Anda melakukan investasi, semakin tinggi pengembalian yang akan Anda dapatkan.

4. Tingkat Bunga

Anda harus memeriksa setiap lembaga keuangan dan membandingkan tingkat bunganya hal ini bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak bunga.

5. Pengembalian Tinggi Sama dengan Risiko Tinggi

Berbagai intrumet investasi tersedia di pasar, dan pilihlah yang lebih sesuai bagi Anda daripada yang lain. Tetapi Anda juga harus selalu mempertimbangkan untuk berinvestasi sesuai dengan toleransi risiko Anda. Pengembalian yang lebih tinggi akan selalu melibatkan risiko yang lebih tinggi.

6. Jangan Berhutang

Ini adalah salah satu aspek penting dalam mengelola keuangan pribadi Anda. Jadilah peminjam yang bertanggung jawab dan sesuaikan pengeluaran Anda dengan penghasilan Anda.

7. Anggaran Penghasilan Tahunan

Membuat anggaran tahunan yang mempertimbangkan semua pengeluaran yang diharapkan dan dijamin akan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda dengan sukses.

8. Pertahankan Skor Kredit Anda

Skor kredit terhadap setiap individu dicatat oleh biro kredit. Skor kredit negatif akan memengaruhi kelayakan pinjaman Anda di masa depan.

9. Asuransi

Asuransi harus menjadi prioritas utama di antara investasi. Selalu disarankan untuk siap sebelumnya.


10. Rencanakan Tujuan Keuangan Anda

Tetapkan tujuan keuangan jangka panjang dan jangka pendek Anda dan buatlah rencana realistis untuk mencapainya.



Mengapa Pengelolaan Keuangan Pribadi itu Penting?


Kita semua menginginkan sedikit kebebasan dengan penghasilan kita sambil mengemban tanggung jawab keuangan juga. Tetapi kebebasan pribadi dan keuangan pribadi saling berkaitan. Jika pertanyaannya adalah seberapa penting keuangan pribadi, sebagai pengingat bahwa Anda perlu lebih memperhatikan keuangan Anda daripada yang Anda lakukan saat ini.

Mengelola keuangan pribadi mencakup berbagai aspek seperti tabungan, investasi, asuransi, pajak, pinjaman, dan pensiun. Keuangan pribadi penting untuk perencanaan keuangan jangka panjang dan jangka pendek.

Tips yang Perlu Diperhatikan

Semakin cepat Anda memulai perencanaan keuangan,maka akan semakin baik. Penting untuk merencanakan keuangan Anda untuk mencapai tujuan keuangan pribadi Anda dengan mudah dan efektif.

Berikut beberapa tips keuangan pribadi untuk perencanaan yang lebih baik:

1. Ketahui Penghasilan Anda

Sebelum melanjutkan dengan rencana keuangan, Anda harus tahu persis berapa jumlah yang akan Anda terima dari satu atau beberapa sumber pendapatan. Pastikan untuk menghitung pendapatan bersih Anda setelah mengurangi pajak dan kewajiban keuangan bulanan lainnya, seperti cicilan.

2. Tetapkan Anggaran


Anggaran penting untuk membimbing Anda agar hidup sesuai kemampuan dan menyimpan untuk tujuan keuangan jangka panjang. Idealnya, praktikan metode 50-30-20 :
 
  • 50% dari pendapatan bersih untuk kebutuhan sehari-hari atau bersifat wajib.
  • 30% dapat dihabiskan untuk pengeluaran santai seperti belanja, jalan-jalan, dll.
  • 20% untuk membayar utang, merencanakan pensiun, dan dana darurat.

3. Batasi Utang Anda

Tidak menghabiskan uang secara berlebihan dari yang bisa Anda bayar adalah pilihan yang paling bijaksana tetapi bukan yang paling mudah. Orang mungkin cenderung perlu meminjam uang dari waktu ke waktu. Tetapi hal ini harus tetap terkendali.

Selain itu, pinjaman terkadang bisa menjadi keuntungan. Salah satu contoh adalah mengambil pinjaman untuk membeli aset.

Selain itu, gunakan kartu kredit Anda dengan cara yang disiplin. Karana mengeluarkan uang secara ceroboh bisa mengarah pada jebakan utang besar yang sulit dipulihkan dan secara signifikan merusak skor kredit Anda.

4. Perhatikan Skor Kredit Anda


Skor kredit adalah aspek penting dari catatan keuangan Anda. Memiliki skor kredit yang baik dapat membantu dalam berbagai situasi. Misalnya, pada beberapa situasi yang tidak terduga, dana yang diperlukan mungkin tidak cukup. Pada saat itu, meminjam mungkin menjadi satu-satunya pilihan.


5. Beli Asuransi

Asuransi adalah salah satu cara investasi yang paling cerdas. Asuransi adalah perangkat yang menghemat biaya dan menyelamatkan nyawa dalam situasi darurat. Selain itu, biaya asuransi menjadi lebih mahal seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, membeli polis asuransi ketika Anda masih muda dapat bermanfaat untuk hari tua Anda.

6. Rencanakan Pensiun Anda

Untuk melindungi aset dan orang yang Anda cintai, penting untuk merencanakan keuangan Anda dengan baik. Perencanaan pensiun ketika Anda masih muda mungkin terdengar terlalu cepat, tetapi tidak demikian. Berinvestasi dalam rencana jangka panjang atau membeli polis asuransi untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai adalah hal penting untuk perencanaan keuangan yang efisien.

*Baca juga artikel lainnya disini


Sejak usia yang sangat muda, kita diajari bagaimana cara mendapatkan uang. Ketika kita mulai menghasilkan, sama pentingnya dengan belajar apa yang harus dilakukan dengan kekayaan yang diperoleh. Keuangan pribadi berkisar pada merencanakan keuangan Anda hari ini sehingga Anda bisa memiliki masa depan yang lebih baik. Kembangkan kebiasaan keuangan pribadi yang baik untuk menikmati masa depan yang bebas stres dan mandiri secara finansial.

0 Response to "10 Prinsip Dasar Keuangan Pribadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel