Bagaimana Menggunakan Google Gemini AI: 14 Cara untuk Mempermudah Hidup Anda - masbro

Bagaimana Menggunakan Google Gemini AI: 14 Cara untuk Mempermudah Hidup Anda

Gemini dapat menjawab pertanyaan, memberikan informasi, menghasilkan konten, dan terintegrasi dengan aplikasi dan layanan Google lainnya. Inilah cara memanfaatkan kecerdasan buatan Google. Dalam pertarungan chatbot AI, Google Gemini (dulu dikenal sebagai Bard) belum begitu populer seperti ChatGPT dari OpenAI dan Copilot dari Microsoft. Tetapi bukan berarti Gemini tidak patut dicoba.


Bagaimana-Menggunakan-Google-Gemini-AI


Dengan Gemini, Anda dapat mengucapkan sebuah pertanyaan daripada mengetikkannya dan mendengar respons yang diucapkan. Berikan lokasi Anda, dan Gemini akan mengarahkan Anda ke tempat-tempat dan acara-acara terdekat. Minta Gemini AI untuk menulis konten, dan ia akan memberikan beberapa draf teks yang berbeda. Berikut cara mengakses Gemini dan apa yang harus Anda coba pertama kali.

Peringatan


Sebelum Anda memulai dengan Gemini, pastikan untuk memahami kekurangannya dan batasannya. Seperti halnya chatbot AI pada umumnya, Gemini masih jauh dari kata sempurna. Seperti yang ditunjukkan oleh Google, responsnya mungkin tidak akan akurat, seperti cara ia menghasilkan gambar-gambar yang tidak akurat secara historis.


Cara Mengakses Google Gemini


Untuk memulainya, buka situs web Gemini dan masuk dengan akun Google Anda jika Anda belum masuk. Klik Coba Gemini dan setujui persyaratan layanan. Di layar obrolan, Gemini menyarankan beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan jika Anda tidak memiliki pertanyaan sendiri saat ini.

Pilih salah satu pertanyaan dan tunggu responsnya. Dari sini, Anda akan dapat terus mengajukan pertanyaan lanjutan tentang topik yang sama. Jika Anda ingin beralih ke subjek yang berbeda, klik tombol Obrolan baru di bagian atas panel samping kiri. Ada juga beberapa cara untuk meningkatkan respons Gemini untuk mendapatkan lebih banyak dari chatbot AI dibawah ini :



1. Beri Respons Jempol Atas atau Jempol Bawah


Anda dapat menilai respons yang disajikan oleh Gemini. Di bawah respons, klik ikon jempol atas jika Anda menyukainya atau ikon jempol bawah jika Anda tidak menyukainya. Jika Anda memberikan jempol bawah, Anda diminta untuk menjelaskan mengapa Anda tidak menyukai respons tersebut. Ketik alasan tertentu lalu kirimkan.



2. Minta Gemini untuk Memodifikasi Responsnya


Tergantung pada pertanyaan Anda dan jawaban Gemini, Anda dapat memberitahukan AI untuk memodifikasi respons. Hal ini tentunya sangat membantu jika Anda meminta Gemini untuk menghasilkan konten tertentu. Setelah mengirimkan permintaan, pergilah ke akhir respons dan klik tombol Ubah respons. Di sini, Anda akan dapat memberi tahu Gemini untuk mengubah respons dan membuatnya lebih pendek, lebih panjang, lebih sederhana, lebih santai, atau lebih profesional.



3. Minta Gemini untuk Mencarikannya di Google


Berdasarkan respons yang telah didapat, Anda dapat mengajukan pertanyaan lanjutan tentang topik yang sama. Atau, klik ikon Google untuk memeriksa kembali responsnya, dan Gemini akan menyorot detail-detail tertentu. Anda kemudian dapat mengklik teks yang disorot dan mengunjungi sumber online.



4. Lihat Draf Lainnya


Ketika Anda meminta Gemini untuk menghasilkan sebuah konten, AI akan memberikan respons. Namun, ia juga akan menghasilkan beberapa draf teks. Untuk melihat versi alternatif ini, klik menu drop-down Lihat draf lainnya. Anda akan melihat tiga draf teks lainnya; klik yang ingin Anda lihat. Anda juga dapat mengklik tombol Regenerate drafts untuk membuat Gemini menjadi tiga draf lainnya.



5. Ucapkan Permintaan Anda


Selanjutnya, cobalah kirimkan pertanyaan atau permintaan dengan suara. Klik ikon mikrofon di prompt. Saat pertama kali melakukan ini, Anda mungkin perlu mengizinkan Gemini menggunakan mikrofon Anda. Ucapkan permintaan Anda dan klik ikon Kirim.



6. Biarkan Gemini Membacakan Responsnya Secara Lisan


Di sisi lain, Anda dapat mendengar respons yang diucapkan secara lisan. Klik ikon Dengarkan di bagian kanan atas respons. Anda dapat mengklik ikon Jeda untuk menjeda atau menghentikan narasi.



7. Perbarui Pertanyaan Anda


Tidak puas dengan respons? Anda dapat merumuskan kembali permintaan asli dan mencobanya lagi. Arahkan kursor ke pertanyaan dan klik ikon Edit teks di sebelah kanan. Ubah teks dan klik tombol Perbarui untuk menerima respons baru.



8. Minta Gemini untuk Merevisi Bagian Tertentu dari Respons


Alih-alih menghasilkan respons secara keseluruhan, Anda dapat meminta Gemini untuk merevisi detail-detail tertentu yang Anda pilih. Untuk melakukan ini, pilih teks tertentu dalam respons yang ingin Anda modifikasi. Klik Modifikasi teks yang dipilih, lalu pilih salah satu dari empat opsi default: Regenerate, Lebih Pendek, Lebih Panjang, atau Sebaliknya. Atau, ketik permintaan spesifik di promptnya. Hanya teks yang Anda pilih yang kemudian dimodifikasi. Kemudian Anda dapat membatalkan modifikasi atau memilih jenis revisi lainnya.



9. Dapatkan Informasi Lokal dengan Lokasi Tepat


Secara default, Google menentukan lokasi umum Anda berdasarkan alamat IP, tetapi hal itu biasanya tidak tepat. Jika Anda ingin menggunakan Gemini untuk mendapatkan saran tentang toko, restoran, bisnis, dan landmark terdekat, Anda dapat memberi tahu untuk menggunakan lokasi tepat Anda, asalkan Anda tidak keberatan berbagi lokasi spesifik Anda dengan Google.

Untuk melakukan ini, lihat kota yang tercantum di bagian bawah panel samping kiri dan klik Perbarui lokasi. Klik Izinkan untuk memberikan Gemini akses ke lokasi Anda. Pada jendela Tentang lokasi ini, klik Gunakan lokasi tepat. Tautan di bawah lokasi berubah dari alamat IP Anda menjadi perangkat Anda. Anda sekarang dapat menggunakan Gemini untuk mendapatkan informasi tentang situs dan kegiatan terdekat.



10. Unggah Gambar ke Gemini


Gemini juga memungkinkan Anda untuk dapat mengunggah sebuah gambar dengan tujuan mendapatkan informasi tentangnya. Anda dapat melakukan ini dengan klik tombol Unggah file di sebelah kiri prompt dan pilih gambar. File yang diunggah dapat berupa format JPG, PNG, atau WebP. Setelah mengunggah gambar, ketik pertanyaan atau permintaan berdasarkan detail apa yang Anda inginkan untuk Gemini dan berikan deskripi tentang gambar tersebut lalu klik Kirim.



11. Salin Respons


Ingin membagikan atau menggunakan respons di tempat lain? Setelah mengirimkan permintaan Anda, klik ikon tiga titik di sebelah respons. Dari menu pop-up, klik Salin dan tempel respons di program atau dokumen eksternal.



12. Publikasikan Respons


Secara default, percakapan Anda tidak dapat dilihat oleh pengguna lain. Namun, Anda dapat membuat respons untuk bisa dibagikan kepada pengguna lainnya, sama halnya dengan cara Anda membagikan file Google Drive. Klik tombol Bagikan & ekspor lalu pilih Bagikan. Klik Buat tautan publik untuk memposting percakapan online dan memberikan akses kepada siapa pun dengan tautan tersebut. Anda juga dapat membagikan tautan melalui social media lainnya seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, atau Reddit.



13. Ekspor Respons


Anda dapat mengirim respons ke Google Docs jika Anda mencoba menggunakannya untuk membuat dokumen. Klik tombol Bagikan & ekspor dan pilih Ekspor ke Dokumen, kemudian klik tautan Buka Dokumen untuk melihat teks sebagai Dokumen Google, di mana Anda dapat mengeditnya. Respons juga dapat dikirim ke Gmail, jika Anda mengklik tombol Bagikan & ekspor dan memilih Draf di Gmail. Klik tautan Buka Gmail, dan teks akan muncul dalam email.



14. Kelola Percakapan Anda


Gemini juga memungkinkan Anda untuk mengelola semua percakapan Anda. Panel samping kiri menampilkan riwayat percakapan Anda. Klik Tampilkan lebih banyak untuk melihat semua. Pilih salah satu untuk melihatnya dan lanjutkan percakapan di tempat Anda. Klik ikon tiga titik untuk percakapan tertentu, dan Anda dapat mencocokannya, memberinya nama baru, atau menghapusnya.


*Baca juga artikel lainnya disini



Dengan menggunakan Google Gemini AI, Anda tentu dapat memanfaatkan berbagai macam fitur yang dapat membuat hidup Anda jauh lebih mudah. Dari menjawab sebuah pertanyaan hingga menyediakan informasi, menghasilkan konten, dan mengintegrasikan dengan aplikasi dan layanan Google lainnya, Gemini telah menawarkan berbagai kemudahan bagi para penggunanya. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa Gemini AI juga memiliki keterbatasan dan kekurangan. Dengan memahami cara penggunaan dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan dalam berbagai aspek kehidupan. Teruslah mengeksplorasi dan manfaatkanlah Google Gemini AI untuk membantu mempermudah aktivitas sehari-hari Anda.

0 Response to " Bagaimana Menggunakan Google Gemini AI: 14 Cara untuk Mempermudah Hidup Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel